Electronic Competency Test from the Faculty of Health Sciences Unipdu

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Diskripsi Program

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah pengakuan kompetensi hasil belajar dari pembelajaran nonformal, informal, dan pengalaman kerja ke capaian hasil belajar pembelajaran formal, yaitu berupa pembebasan sejumlah mata kuliah atau perolehan sks untuk melanjutkan studi di Perguruan Tinggi (mahasiswa yang diterima hanya diwajibkan mengikuti beberapa mata kuliah yang tidak memperoleh pengakuan). Program bantuan ini mengajak calon mahasiswa untuk mendaftar di Perguruan Tinggi (Universitas, Institut, atau Sekolah Tinggi) pada program Sarjana dan Magister (non-vokasi). Bagi mahasiswa yang mendaftar dan diterima, akan diberikan bantuan subsidi biaya kuliah selama satu semester.

Tujuan

  • Memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk belajar sepanjang hayat melalui pendidikan formal pada jenjang Pendidikan Tinggi.
  • Mendorong masyarakat yang karena berbagai hal terputus kuliahnya atau tidak dapat melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi tetapi memiliki pengalaman kerja dan kompetensi yang relevan untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang pendidikan tinggi.
  • Memberikan bantuan untuk mendaftarkan secara gratis di Perguruan Tinggi yang ditunjuk dan memberikan bantuan subsidi biaya kuliah pada semester pertama.

Kriteria Peserta

  • Lulusan SMA atau sederajat yang memiliki pengalaman kerja untuk dapat melanjutkan pada program Sarjana.
  • Lulusan D1/D2/D3 atau pernah mengikuti kuliah di Perguruan Tinggi tetapi tidak selesai yang memiliki pengalaman kerja untuk dapat melanjutkan pada program Sarjana.
  • Lulusan Sarjana dan pernah mengikuti kuliah pada program Magister tetapi tidak selesai, baik yang memiliki pengalaman kerja maupun yang tidak untuk dapat melanjutkan pada program Magister.

Keunggulan

  • Lulus Lebih Cepat

Dengan pengakuan pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi yang disetarakan dengan mata kuliah, maka mahasiswa bisa mempercepat masa studi dibandingkan dengan mahasiswa yang menempuh jalur reguler.

  • Hemat Biaya

Dengan masa studi yang lebih pendek dibandingkan program reguler, sehingga biaya total program RPL menjadi lebih kecil daripada program reguler.

Persyaratan Khusus

  1. Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup (Download formulir)
  2. Mengisi Formulir Pendaftaran (Klik disini)

Info Lebih Lanjut

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan Program RPL, dapat menghubungi :

Bu. Khotim0856-4806-6285
Pak Didik : 0858-5624-5717
Emailfik@unipdu.ac.id

Faculty of Health Sciences Unipdu

Electronic Competency Test from the Faculty of Health Sciences Unipdu